-->
Suhu Nol Mutlak
Suhu Nol Mutlak

Suhu Nol Mutlak

Suhu Nol Mutlak

Suhu Terendah di Alam Semesta, Suhu Nol Mutlak

Suhu nol mutlak adalah suhu terendah yang dapat dicapai di alam. Konsep suhu minimum mutlak ini di promosikan oleh Fisikawan Skotlandia, William Thomson (a.k.a. Lord Kelvin) pada tahun 1848. 

Teori Thomson berdasarkan prinsip termodinamika bahwa pada suhu terendah yang dapat dicapai adalah -273°C. 

Sebelum Thomson, seorang peneliti telah bereksperimen, Robert Boyle (akhir abad ke-17) yang telah melakuakan pengamatan dan menyadari bahwa volume (bahkan tekanan) dari suatu gas tergantung pada suhu. 

Nol mutlak pada Grafik Volume vs Suhu dan Tekanan vs Suhu
Pengukuran dari variasi tekanan dan volume dengan perubahan terhadap suhu dapat dibuat dalam grafik. Grafik volume terhadap suhu (pada tekanan tetap) dan tekanan terhadap suhu (pada volume tetap) mencerminkan kesimpulan yang sama bahwa volume dan tekanan gas berkurang dan bergerak mendekati nol pada suhu -273 °C. Karena nilai terendah dari tekanan dan volume yang mungkin inilah, Thomson menyimpulkan bahwa pada -273 °C merupakan suhu terendah yang mungkin.
Thomson menyatakan suhu terendah ini sebagai suhu mutlak dan berpendapat dapat mengadopsi ini menjadi kan suhu nol mutlak sebagai nilai terendah dalam skala sebuah termometer. 

Hari ini, skala suhu tersebut menyandang namanya, Kelvin.
Suhu Nol Mutlak dan Konversi Termometer Kelvin, Celcius, Fahrenheit

Apa yang terjadi pada materi/ molekul jika didinginkan sampai suhu nol mutlak?

Para ilmuwan dan insinyur telah mampu mendinginkan materi ke suhu dekat dengan -273,15 ° C, tetapi tidak pernah di bawahnya. Dalam proses pendinginan materi untuk suhu mendekati nol mutlak, berbagai sifat yang tidak biasa telah diamati

Sifat- sifat yang dapat diamati itu termasuk superkonduktivitas, superfluiditas dan keadaan materi yang dikenal sebagai kondensat Bose-Einstein.

Satu hal yang akan terjadi, pada suhu nol mutlak adalah gerakan molekul/ atom gas akan terhenti, karena tiada energi kinetik pada saat itu. Sesuai dengan rumus energi kinetik gas:
Ek= 1/2 kT
dengan T adalah suhu mutlak (Kelvin).

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Hanya mencoba menulis dan berbagi ilmu.