-->
Hukum Pemantulan Cahaya, Cermin Datar, Cermin Cekung
Hukum Pemantulan Cahaya, Cermin Datar, Cermin Cekung

Hukum Pemantulan Cahaya, Cermin Datar, Cermin Cekung

Hukum Pemantulan Cahaya dan Sifat Cermin

Penjelasan Hukum Pemantulan Cahaya, Cermin Datar, Cermin Cekung

Cermin adalah sesuatu yang sangat familiar dengan banyak orang. Kita dapat melihat wajah kita sendiri melalui cermin. Banyak sekali penggunaan cermin dalam kehidupan sehari-hari adalah cermin datar. Cermin datar memungkinkan kita melihat bayangan kita di cermin, sesuai dengan ukuran sebenarnya.

Hal ini terjadi karena adanya hukum pemantulan cahaya. Hukum pemantulan cahaya oleh Snellius berbunyi:
1.Sinar datang, garis normal, sinar pantul terletak pada satu garis sejajar.
2.Sudut datang (i) = sudut pantul (r)

Hukum Pemantulan Cahaya


Cermin Datar
Cermin datar adalah cermin yang permukaanya datar.

Penggunaan cermin datar dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. Misalnya, ketika ingin bercermin sebelum berangkat sekolah dipagi hari, penggunaan cermin datar di tempat pangkas rambut atau salon dan sebagainya. 

Bayangan yang timbul pada cermin datar disebut bayangan maya, karena bayangan yang muncul berada di belakang cermin. Bayangan tidak bisa dilihat selain hanya dengan melihat ke dalam cermin. 

Jika dirangkum, sifat-sifat bayangan pada cermin datar adalah maya, tegak seperti bendanya, sama besar dengan bendanya, jarak bayangan benda ke cermin  sama dengan jarak benda ke cermin.
Banyaknya bayangan dari dua buah cermin datar yang diletakkan membentuk sudut α

Rumus Mencari Jumlah Bayangan Pada Cermin Datar

Cermin Cekung 


Cermin cekung adalah cermin yang permukaanya melengkung ke arah dalam.

Untuk lebih mudah mengenalinya, ketika kamu melihat cermin cekung, maka seolah-olah kamu melihat lembah dari permukaanya. 

Hukum pemantulan tetap terjadi pada cermin cekung. Sinar datang akan dipantulkan menuju sebuah titik yang mengumpul. Kharakteristik ini dikenal juga dengan istilah konvergen. 
Cermin Cekung

Tidak seperti pada cermin datar, ketika sebuah benda diletakan di depan cermin cekung maka bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung dapat menghasilkan bayangan nyata. Bayangan terbentuk di depan cermin, bayangan seperti  melayang di udara di depan cermin, artinya kamu tidak harus melihat ke dalam cermin untuk menemukan bayangan.

Apakah cermin cekung selalu menghasilkan bayangan nyata?

Jawabannya mungkin akan mengejutkan kamu, jika kamu menjawab "ya". Jawabannya adalah tidak. Cermin cekung merupakan cermin yang mampu menghasilkan bayangan nyata dan maya.

Bagaimana mungkin hal itu terjadi?

Hal ini tergantung dari dari dua hal, dimana letak benda di depan cermin dan panjang fokus dari sebuah cermin cekung itu.

Setiap cermin cekung  memiliki titik fokus. Titik fokus cermin cekung merupakan titik dimana semua cahaya yang datang ke cermin akan dipantulkan kembali melalui titik itu. Jarak dari pusat cermin ke titik fokus disebut panjang fokus. Panjang fokus hanya tergantung bagaimana kelengkungan cermin itu. Semakin tajam kelengkungan sebuah cermin, maka titik fokusnya makin kecil. Hal inilah yang menyebabkan cermin yang cenderung datar akan memiliki titik fokus yang panjang.
 


Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Hanya mencoba menulis dan berbagi ilmu.